Langsung ke konten utama

Teknik Memancing Yang Wajib Diketahui Para Pemancing

Mancing merupakan sebuah hobi yang dapat di lakukan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa atau semua kalangan. Dan dalam hobi ini ada berbagai macam teknik memancing yang wajib diketahui. Hobi mancing merupakan kesenangan tersendiri bahkan bisa menjadikan menenangkan beban pikiran kita. Bahkan ada yang bilang hobi memancing melatih kesabaran kita hehehe… Dan dari teknik memancing yang digunakan Ikan pun yang di dapatkan bermacam-macam.
Tahukah  Kawan, ada begitu banyak macam teknik memancing ikan yang bisa kita terapkan. Masing-masing dari teknik tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Sehingga penggunaan alat pancing pun harus disesuaikan dengan jenis ikan yang ingin ditangkap.

Berikut Beberapa Macam Teknik Memancing Yang Harus Diketahui Para Mancing Mania

Teknik Mancing Bottom / Mancing Dasaran
Teknik mancing yang menggunakan pemberat atau timah yang diikatkan di ujung rangkaian mata kail pancing, spot nya bisa di danau, muara, kolam, kali dan laut. 

Teknik Mancing Casting

Teknik memancing dengan cara umpan/lure dilempar sejauh mungkin, kemudian reel digulung dengan cepat. Macam Teknik Memancing ini harus dilakukan terus menerus sampai ikan menyambar. Casting biasanya dilakukan di muara, danau, sawah yang banjir, kali dan dari pinggiran laut, seperti dermaga, batuan, pantai, bahkan diatas kapal yang sedang berhenti / jalan dengan pelan. Untuk casting lure bisa memakai minnow atau jump frog dan softlure. 

Teknik Mancing Popping

Teknik mancing Popping ini pada dasarnya termasuk dalam kelompok Teknik Casting. Tetapi teknik Popping menggunakan joran yang cukup panjang, antara 180 sampai 250 cm dan terdiri dari 2 pieces yang disambung. Teknik popping khusus menggunakan “lure” yang disebut Popper yang biasanya berukuran besar dengan berat antara 40 sampai 100 gram.
Umpan buatan yang dipakai terdiri dari 2 jenis. Yang pertama disebut “Chugger” yang kepalanya rata dan memiliki cekukan seperti mangkok. Chugger ini bila disentak sewaktu mengapung akan menimbulkan bunyi “pop, pop, pop” karena kepalanya menabrak air . Itulah sebabnya ia dinamakan “popper”. Jenis yang satu lagi dinamakan “Pencil” karena kepalanya “tajam” dan pensil ini tidak disentak sentak tetapi hanya ditarik terus – menerus.

Teknik Mancing Jigging

Macam Teknik Memancing yang selanjutnya ini disebut sebagai salah satu teknik mancing yang unik, meskipun sebenarnya bukanlah sesuatu teknik yang baru muncul. Keunikannya terletak pada kekuatan otot yang dibutuhkan dalam mengaplikasikan teknik ini. Nelayan dari beberapa negara sejak ribuan tahun lalu telah mencoba “menipu” ikan dengan menggunakan umpan palsu yang dibuat dari timah atau logam lain berbentuk ikan kecil (metal jig ) yang dilempar ke dasar laut lalu kemudian ditarik dengan cara fast jig, slow jig dan long jig. 

Teknik Mancing Fly Fishing

Yaitu salah satu istilah teknik memancing yang dikembangkan  seorang bangsawan dari Inggris. Namun adapula yang menyebutkan bahwa fly fishing itu sudah ada sejak abad ke 2 masehi. Pada jaman Romawi kuno Claudius Aelinus, yang menyatakan memancing dengan menggunakan artificial fly. Secara umum fly fishing adalah seni memancing dengan menggunakan artificial bait berbentuk fly (serangga). Artificial flies ini bisa terbuat dari tying hair, fur, feathers, atau material lainnya baik yang natural ataupun synthetic. Perangkat memancingnyapun menggunakan joran khusus fly dan fly line khusus terbuat dari line yang di coated plastik. Fly fishing dapat dimainkan di freshwater maupun saltwater. 

Teknik Mancing Surf Casting/Pasirian

Teknik mancing ini dilakukan dipantai dengan menggunakan joran yang panjangnya kira-kira 4m dan biasanya terdiri dari 3 pieces (potong) dan harus disambung jadi satu. Jorannya hampir seperti joran spinning atau popping biasa hanya jauh lebih panjang. Para angler juga harus menggunakan reel yang khusus dan berukuran cukup besar (biasanya model spinning kelas 4000 keatas). Baca sendiri deh untuk lebih lengkapnya di artikel Teknik Mancing Pasiran.

Teknik Mancing Rock Fishing

Bagi anda pemancing yang suka tantangan, teknik mancing ini layak dan harus dicoba. Mancing karangan atau di kalangan para pemancing sering disebut Rock Fishing, adalah kegiatan mancing yang di lakukan di atas tebing atau karang di tepi laut. Teknik ini sangat menarik untuk dilakukan, karena selain tujuan utama kita yaitu memancing, kita bisa sekaligus hiking dan camping karena lokasi mancing yang berada di tepi laut dan biasanya harus melewati rute perjalanan yang ekstrim.
Teknik Mancing Rock Fishing merupakan teknik yang sangat menantang bagi para pemancing, juga sangat berbahaya dan penuh dengan resiko. Dengan ketinggian, sudut tebing yang curam, dan tajamnya karang, membuat teknik ini penuh dengan resiko. Tapi bagi para pencari kepuasan mancing, tantangan – tantangan itu dapat dilewati dengan kebulatan tekad untuk mendapatkan strike ikan. Rock Fishing tergolong salah satu jenis mancing yang memerlukan ke ahlian khusus dan membutuhkan stamina dan jiwa petualang yang kuat, dari mulai menentukan spot yang bagus, melakukan pendakian karang karang terjal dengan berbagai macam alat bantu, hingga cara menaikan ikan dari permukaan laut ke atas tebing. Baca keasyikan lain dari teknik ini di artikel kami yang lebih lengkap yaitu Teknik Mancing Extreme Dan Penuh Adrenalin.

Teknik Mancing Trolling (Tonda/tunda)

Memancing yang disebut  trolling  ini harus menggunakan reel khusus (Over Head) yang cukup kuat dengan joran khusus yang umumnya hanya terdiri dari 1 batang dan harus ditarik kapal dengan kecepatan 5-7 knot. Trolling ini biasanya menggunakan umpan buatan yang dibuat dari fiber glass, kayu atau plastik. Umpan palsu yang paling populer adalah yang disebut Rapala untuk memancing ikan ikan seperti Tenggiri dan Marlin,layaran. Ada jenis umpan palsu lain yang disebut Konahead yang berbentuk seperti cumi tapi berwarna menyolok untuk mancing ikan ikan sejenis Marlin, Layaran dan Lemadang. 

Teknik Ngoncer

Memancing dipermukaan atau setengah air dengan menggunakan ikan hidup (LIVE BAIT)  sebagai umpan ataupun umpan mati . Teknik ini sedikit unik bisa menggunakan timah/pemberat yang ringan. Line utama dipasang kili-kili peniti (snap swivel), kemudian disambungkan dengan mata kail dengan kawat nikelin sepanjang 10.cm. Umpan yang digunakan bisa hidup/mati seperti :sotong, selar, tamban, pelatah, tembang, layang, como, kembung, sangir, bahkan baby barracuda (alu- alu). Umpan hidup dibiarkan berenang menjauhi kapal, menuju lokasi yang paling akurat (tohor), sambil menunggu ikan pemangsa.

Teknik Ngotrek

Adalah teknik mencari ikan untuk umpan memancing itu sendiri. biasanya rangkaian ngotrek itu terdiri dari beberapa mata kail kecil yang berderet – deret  atau berurutan. Target ikan selar, tembang, layang, como, kembung, sangir.

Teknik Mancing Dengan Layang – Layang ( Kite Fishing )

Teknik ini mirip dengan mancing tonda/trolling dengan menggunakan alat bantu layang-layang. Mancing ini biasanya dilakukan para nelayan di kepulauan seribu untuk mancing ikan cucut dengan umpan ikan kecil.

Teknik Garong

Memancing ini sangat  popular dengan sebutan “ngegarong” karna menggunakan sejenis mata kail yang bermata 6(enam) berbentuk seperti matahari yang disebut pancing “GARONG”.Uniknya seringkali (atau lebih sering) ikan yang digarong tertangkap bukan karena pancing nyangkut di mulutnya tetapi nyangkut di insang, di pipi, pundak, perut, buntut, dsb. memancing teknik ini biasanya menggunakan joran TEGEK/BEBEKAN yang khas disebut di jawa timur  yaitu joran tanpa kolong-kolong (cincin/guide) yang panjangnya antara 3,5 m sampai 6 meter. Mancing cara “garong” ini harus menggunakan pelampung kecil yang dibuat dari kayu ringan.Untuk umpan bisa juga memakai pellet por, atau buah pepaya,lumut dll.Dan biasanya memancing ini di pinggiran laut seperti pelabuhan kapal dan batu – batuan.

Teknik Mancing Lobang atau Gopak

Teknik memancing khusus untuk mancing ikan Nila/Mujair babon. Dengan mencari sarang atau lubang dari ikan Nila/Mujair babon yg berbetuk cekungan wajan. Caranya menggunakan rangkaian sistem glosor namun memakai pelampung yang panjang kurang lebih ukuranya sampai 30cm. Untuk umpannya pun cukup pakai steroform (gabus putih) atau spon dari bahan sandal. Fungsinya sebagai pengganggu sarang atau lubang, karena ikan Nila/Mujair sering membersihkan sarang lubang tersebut. Kami punya penjelasan detailnya mengenai teknik memancing ini di artikel Teknik Mancing Gopak ini.
Dari sekian macam teknik memancing ada kelebihan dan kekurangan masing-masing,dan harus di butuhkan ide-ide yang kreatif dari kawan – kawan untuk menutupi kekurangan teknik tersebut. Demikian sedikit artikel tentang beberapa teknik memancing semoga bermanfaat. Salam Gomancing.com
Stop Thinking … Start Fishing…!!!
Yang terpenting dalam memancing adalah essen andalan. Jangan lupa memakai Essen Aquatic dari Toko Aquatic.

Sekian. Salam Strike!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengetahui Posisi Ikan di Kolam Pemancingan

Ada banyak sekali faktor yang menjadi penentu hasil tangkapan atau perolehan ikan yang kita akan dapatkan saat memancing ikan. Selain dari faktor yang utama yaitu umpan, tempat juga menjadi faktor lain yang turut jadi penentu banyaknya hasil tangkapan ikan. Contohnya di kolam pemancingan ikan mas yang memang kebiasaan ikan berkumpul di beberapa titik hingga bagian lain kolam terkadang nyaris tidak ada tanda-tanda keberadaan ikan. Walaupun memang ikan mas tidak mungkin hanya diam di satu tempat saja, ada kemungkinan ikan akan mencium aroma umpan kita dan mencari keberadaan umpan bila memang di sukai. Namun ini akan berbeda lagi bila sebelum ikan mas menemukan umpan kita, mereka sudah mendapat suguhan umpan pemancing lain yang telah memperhitungkan titik dimana kumpulan ikan berada. Sebelum kita melakukan aktivitas memancing, sebaiknya kita menentukan terlebih dahulu di mana lokasi yang tepat untuk melempar pancing dengan mengetahui tempat yang sering menjadi lintasan ikan. K

Perangsang Ikan D13, Paling Jitu

Jual perangsang ikan D13 yang terbukti ampuh membuat ikan menyantap umpan Anda. Perangsang ikan D13 ini beraroma wangi cocok untuk dicampurkan dalam berbagai media umpan untuk memancing ikan mas, ikan nila, ikan bawal, ikan patin, ikan tawes, dan ikan nilem. Untuk info lebih lengkapnya silakan  disimak ya! Perangsang ikan D13  ini sangat ampuh selain berfungsi sebagai perangsang umpan ternyata D13 juga dijadikan sebagai senjata rahasia untuk campuran membuat umpan oleh para pemancing profesional. Wanginya yang sangat khas sangat mudah sekali untuk merangsang ikan agar mau makan umpan yang sudah dicampur oleh perangsang D13 ini. Perangsang ikan ini memiliki banyak keunggulan tentunya produk ini tidak terdapat kandungan zat-zat kimia lainnya sehingga ikan target yang kita inginkan tidak akan keracunan. Kelebihan dari produk ini produk masih tersegel dan jaminan yang bermutu. Sehingga anda tidak perlu cemas karena produk ini sudah terbukti oleh para juara mancing yang telah menggun

Perbedaan Memancing Di Kolam, Laut, Danau/Rawa, Sungai

Memancing merupakan salah satu kegemaran yang membutuhkan kesabaran ekstra. Dalam memancing terdapat berbagai macam teknik yang digunakan untuk semakin menambah keseruan saat memancing dan juga untuk mengefektifkan penggunaan waktu. Jika para pemancing tidak menggunakan trik-trik atau teknik khusus bisa saja mereka tetap mendapatkan hasil namun pasti waktunya tidak seefektif jika mereka menggunakan teknik dan alat yang benar. Teknik yang bermacam-macam ini tak sembarang dapat dilakukan. Para pemancing juga harus memperhatikan medan, kondisi perairan, dan sasaran yang ingin kita pancing. Memancing di kolam tentu saja berbeda dengan memancing di alam bebas. Dari segi teknik, kail, umpan, dan alat-alat lain pun antara memancing di kolam dengan memancing di laut terdapat beberapa perbedaan. Semua itu semata-mata untuk semakin membuat kegiatan memancing menjadi lebih seru dan menyenangkan. Selain itu dengan mengetahui kondisi medan memancing para pemancing dapat meminimalisir i