Langsung ke konten utama

Perbedaan Memancing Di Kolam, Laut, Danau/Rawa, Sungai


Memancing merupakan salah satu kegemaran yang membutuhkan kesabaran ekstra. Dalam memancing terdapat berbagai macam teknik yang digunakan untuk semakin menambah keseruan saat memancing dan juga untuk mengefektifkan penggunaan waktu. Jika para pemancing tidak menggunakan trik-trik atau teknik khusus bisa saja mereka tetap mendapatkan hasil namun pasti waktunya tidak seefektif jika mereka menggunakan teknik dan alat yang benar.
Teknik yang bermacam-macam ini tak sembarang dapat dilakukan. Para pemancing juga harus memperhatikan medan, kondisi perairan, dan sasaran yang ingin kita pancing. Memancing di kolam tentu saja berbeda dengan memancing di alam bebas. Dari segi teknik, kail, umpan, dan alat-alat lain pun antara memancing di kolam dengan memancing di laut terdapat beberapa perbedaan.
Semua itu semata-mata untuk semakin membuat kegiatan memancing menjadi lebih seru dan menyenangkan. Selain itu dengan mengetahui kondisi medan memancing para pemancing dapat meminimalisir insiden seperti alat pancing patah atau senar putus. Namun sekarang ini banyak sekali variasi alat pancing dan juga alat-alat pendukung lainnya. Walaupun demikian, para pemancing tak boleh lupa dengan satu kunci menikmati hobi memancing yaitu kesabaran.
  1. Lokasi Memancing

Walaupun sama-sama judulnya memancing dengan aktivitas menunggu namun jika tidak dibarengi dengan strategi yang benar pun mungkin aktivitas memancing hanya akan membuang-buang waktu. Misalnya saja, kalian memancing dengan alat yang bagus dan mahal dan sudah sesuai dengan medan namun ternyata kalian salah dalam menentukan titik lokasi yang menyebabkan kalian tidak kunjung mendapat ikan karena di bawah sana ikannya hanya sedikit.
Padahal sebenarnya tidak terlalu sulit mencari lokasi yang bisa diperkirakan di bawahnya banyak ikannya. Biasanya tempat-tempat yang di bagian bawah banyak ikannya adalah yang dekat dengan sumber makanan. Jika di kolam kita tidak harus mencari, kita bisa membuat posisi kita menjadi tempat berlalu lalang ikan dengan menebar makanan dan memasang umpan di kail namun jika di laut kita harus bisa menyesuaikan dengan umpan apa yang akan kita pasang dan jenis ikan apa yang menjadi sasaran ikan.  Selain itu tempat dengan air jernih tidak kotor dan keruh juga menjadi tempat keliaran ikan-ikan.
  1. Alat Yang Digunakan

Memancing di alam bebas sebenarnya dasarnya cukup sama dengan memancing di kolam biasa. Yang membedakan adalah kondisi di bawah permukaan air. Jika kita berencana memancing di laut kita harus menyiapkan alat-alat pancing dengan kualitas yang lebih bagus di bandingkan standar alat pancing di kolam maupun di sungai. Ketika di laut, para pemancing cenderung ingin mendapatkan ikan dengan ukuran yang besar.
Untuk itu stick pancing yang digunakan tentunya haruslah kuat. Selain stick pancing hal yang tak kalah vital adalah senar Nah, hal ini kadang yang luput. Senar yang dipilih walaupun kuat sebaiknya para pemancing memilih yang juga berdiameter kecil, sekarang ini sudah tersedia banyak macam senar dengan diameter kecil namun mempunyai daya tahan dari berontak ikan yang kuat. Kedua alat ini adalah hal yang paling penting diperhatikan pada saat kita memancing.
Jenis senar yang paling cocok untuk memancing di laut adalah senar pancing jenis braided. Senar jenis ini sangat kuat walaupun diameternya sangat kecil. Senar ini cocok untuk menghadapi jenis ikan-ikan besar dan tenaganya kuat. Namun senar ini pun juga memiliki kelemahan yang akan membawa dampak cukup buruk jika kita tidak mengetahui teknik yang baik untuk menggunakannya.
Jangan pernah kalian untuk menarik senar dengan menggunakan joran pada saat senarnya nyangkut. Jika kalian tetap memaksakan malah justru joran kalian yang akan patah. Dan jangan lupa untuk memasang shock leader yang bisa kalian gunakan sebagai peredam saat bertarung dengan ikan besar nan kuat di laut lepas.
  1. Teknik Memancing

Selain alat yang mumpuni, jangan lupakan teknik. Mungkin jika kita hanya memancing di kolam hal seperti ini tidak terlalu sering diperhatikan namun jika kita memancing di laut tentunya kita harus sangat memperhatikan teknik. Terkadang karena kita merasa alat yang kita punya sudah bagus, mahal, dan terbaik kita melalaikan tenkik dan  tidak menutup kemungkinan hasilnya akan sama saja dengan alat-alat biasa yang digunakan. Teknik ini pun yang paling harus diperhatikan adalah pada saat ikan strike.
Kita tidak boleh asal hentak atau asal menarik saja. Teknik yang benar adalah kita mengikuti dulu arah pergerakan ikan untuk menenggaknya pun jangan sampai berlawanan dengan arah gerak ikan. Hal semacam ini akan mengakibatkan senar dan stick pancing mudah putus. Ikan-ikan di lautan lepas mempunyai kekuatan yang berkali-kali lipat dari ikan-ikan di kolam ataupun di sungai.
Oleh karena itu, sedikit teknik di atas dapat membantu kalian. Satu hal lagi, para pemancing juga sebaiknya menyiapkan fisik sebelum memulai memancing di laut apalagi bagi para pemula. Selain kondisi badan yang prima seorang pemancing juga harus mampu mengendalikan keseimbangan tubuhnya apalagi saat para pemancing sedang melawan ikan dibutuhkan keseimbangan tubuh agar pada saat kalian menarik ikan dan menahan perlawanan ikan tidak terjengkang.
Satu lagi hal yang paling penting diketahui ketika kalian memancing di kolam adalah mengenai Essen, yaitu aroma yang meningkatkan nafsu makan ikan. Essen sangat diperlukan di kolam karena satu dan lain hal alasan.
Untuk info selengkapnya baca juga: 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengetahui Posisi Ikan di Kolam Pemancingan

Ada banyak sekali faktor yang menjadi penentu hasil tangkapan atau perolehan ikan yang kita akan dapatkan saat memancing ikan. Selain dari faktor yang utama yaitu umpan, tempat juga menjadi faktor lain yang turut jadi penentu banyaknya hasil tangkapan ikan. Contohnya di kolam pemancingan ikan mas yang memang kebiasaan ikan berkumpul di beberapa titik hingga bagian lain kolam terkadang nyaris tidak ada tanda-tanda keberadaan ikan. Walaupun memang ikan mas tidak mungkin hanya diam di satu tempat saja, ada kemungkinan ikan akan mencium aroma umpan kita dan mencari keberadaan umpan bila memang di sukai. Namun ini akan berbeda lagi bila sebelum ikan mas menemukan umpan kita, mereka sudah mendapat suguhan umpan pemancing lain yang telah memperhitungkan titik dimana kumpulan ikan berada. Sebelum kita melakukan aktivitas memancing, sebaiknya kita menentukan terlebih dahulu di mana lokasi yang tepat untuk melempar pancing dengan mengetahui tempat yang sering menjadi lintasan ikan. K

Perangsang Ikan D13, Paling Jitu

Jual perangsang ikan D13 yang terbukti ampuh membuat ikan menyantap umpan Anda. Perangsang ikan D13 ini beraroma wangi cocok untuk dicampurkan dalam berbagai media umpan untuk memancing ikan mas, ikan nila, ikan bawal, ikan patin, ikan tawes, dan ikan nilem. Untuk info lebih lengkapnya silakan  disimak ya! Perangsang ikan D13  ini sangat ampuh selain berfungsi sebagai perangsang umpan ternyata D13 juga dijadikan sebagai senjata rahasia untuk campuran membuat umpan oleh para pemancing profesional. Wanginya yang sangat khas sangat mudah sekali untuk merangsang ikan agar mau makan umpan yang sudah dicampur oleh perangsang D13 ini. Perangsang ikan ini memiliki banyak keunggulan tentunya produk ini tidak terdapat kandungan zat-zat kimia lainnya sehingga ikan target yang kita inginkan tidak akan keracunan. Kelebihan dari produk ini produk masih tersegel dan jaminan yang bermutu. Sehingga anda tidak perlu cemas karena produk ini sudah terbukti oleh para juara mancing yang telah menggun